Kamis, 22 Oktober 2015

Tips Menghadapi Orang Marah

HAI guys! Kamu lagi ngadepin masalah serius? Temen atau pacar kamu lagi marah ama kamu? atau tiba-tiba ada orang yang datang kerumah kamu trus marah-marahin kamu? Nah buat kamu-kamu yang lagi ngadepin masalah yang kayak begini, aku bisa bantu meskipun hanya sedikit.
Ini nih cara-cara ngadepin orang marah:
.
.
1. Tenang dan Berfikir
Langkah pertama dalam menghadapi orang marah adalah tenang. Dengan bersikap tenang kita bisa berfikir apa yang musti dikatakan dan dilakukan dalam menghadapi orang marah itu.
.
2. Senyum, Sapa dan Siap bantu
Langkah kedua senyum. Biasanya kalau orang lagi marah dihadepin dengan marah-marah juga pasti tuh urusan bakalan tambah runyan dan memanas. Sebaliknya jika ada orang yang marah-marah trus dihadepin dengan senyum, so pasti kemarahannya akan berkurang walaupun cuman beberapa persen. Kalau udah senyum kita sapa tuh orang misal “Assalamu’alaikum mas/mbak atau selamat pagi.” Kalau udah senyum dan nyapa, marahnya belum reda juga kita harus siap-siap buat bantu tuh orang.
.
3. Persilahkan Duduk dan Tanya
Siap bantu dimulai dengan mempersilahkan si marah untuk masuk dan duduk, pasti si marah mau, soalnya si marah datang kan emang mo bicara ama kita. Kalau udan duduk, baru kita tanya apa masalahnya. Tapi nanyanya juga harus yang halus and of course sambil senyum.
.
4. Dengar, Hindari Dapat dan Simpati
Kalau tuh orang udah kita tanya pasti dia mau ngejawab pertanyaan kita. Dia pasti akan cerita tentang masalahnya ‘n selagi dia cerita, kita dengerin dengan baik, trus kalo lagi cerita terus tiba-tiba si marah emosinya naik, usahakan kita gak melayani emosinya dan juga coba untuk meredakan emosinya.
Kalau udah selesai ceritanya, kita harus reflek ‘n peka, kita musti tahu apa akar masalahnya. Dengan tahu apa akar masalahnya kita bisa segera cabut tuh akar masalah and then the problem can be sloved.
.
5. Selesaikan dan Penjelasan
Udah dengerin cerita dan tahu masalahnya, kita kan jadi bisa selesein tuh masalah. Caranya yah kasih penjelasan secara jujur dan terperinci trus sikap kita juga harus mendukung penjelasan kita. Misalnya kalo lagi nerangin apa yang sebenarnya terjadi, raut muka kita juga harus meyakinkan dan sesekali harus senyum. Dengan begitu si marah pasti bisa nerima penjelasan kita.
.
6. Minta Maaf dan Terima Kasih
Selesai njelasin, the last step adalah minta maaf. “kan minta maaf lebih baik daripada yang dimintai maaf, dapet pahala lagi. Walau pun kita nggak salah”. Dan yang nggak boleh lupa, kata “Thank You” alias ucapan terima kasih buat si marah. Terima kasih karna si marah udah repot-repot datang ke kita. Karena dengan datangnya dia marah, kita bisa tahu apa masalahnya and bisa bantu nyelesein masalah. Jadinya semua marah and kesalahpahaman ke kita jadi hilang dan muncullah tali silaturahmi yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiny Finger Point Hand With Heart